Penting! Ini Tips Agar Tidak Tertipu Hoax di Whatsapp

Pengguna WhatsApp wajib menyimak pembahasan tentang tips agar tidak tertipu hoax di whatsapp berikut ini. Seperti yang kita ketahui bersama, WA menjadi media sosial paling efektif untuk menyebarkan berita-berita hoax. Aplikasi ini cukup mudah untuk menyalin dan mengirim tautan. Dengan judul yang bombastis, berita-berita yang belum terbukti kebenarannya pun bisa viral dengan cepat. Ini tentu sangat berbahaya.

Hoax di Whatsapp
Hoax di Whatsapp

Bahkan, beberapa waktu lalu, pemerintah sempat memblokir WA, FB, dan juga Instagram disebabkan oleh maraknya penyebaran berita hoax. Tak tanggung-tanggung hoax yang disebarkan dapat memicu perpecahan antar sesama bangsa Indonesia. Perbedaan politik dan perebutan tahta Presiden tahun ini disertai dengan perang hoax yang tidak ada habisnya. Pemerintah pun melakukan langkah tegas dengan membatasi akses sementara untuk penggunaan WhatsApp.

Nah, supaya hal semacam ini tidak terulang kembali, Anda harus bisa membedakan mana yang merupakan berita asli dan mana yang berita hoax. Jika Anda lebih jeli dalam melihat berita, sangat mudah sekali menentukan berita hoax. Berikut ini adalah tips agar tidak tertipu hoax di whatsapp.

1. Jangan Langsung Percaya dengan Judul yang Provokatif

Entah mengapa, berita-berita yang sifatnya hoax atau tidak benar selalu menggunakan judul-judul yang provokatif dan sensasional. Misalnya, langsung menuding pihak tertentu atau menggiring opini ke suatu pendapat. Isinya mungkin bisa saja diambil dari berita resmi, akan tetapi bahasa yang diubah-ubah bisa menimbulkan perbedaan persepsi. Inilah yang akhirnya menjerumuskan seseorang pada berita hoax.

Untuk mencegah diri sendiri agar tidak termakan berita-berita hoax, cobalah untuk lebih cermat dalam melihat judul. Jangan langsung menyimpulkan sesuatu hanya dengan melihat judulnya. Bacalah dulu isinya dengan seksama kemudian buat kesimpulan yang berimbang.

2. Periksa Fakta dan Sumber Beritanya

Berita-berita hoax biasanya berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Jika berita yang disampaikan menyangkut lembaga tertentu, sebaiknya periksa dulu situs resmi lembaga tersebut. Jangan asal percaya dengan berita yang disajikan kepada Anda. Anda tetap perlu melakukan cross check ulang untuk memastikan berita-berita tersebut bukan hoax.

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pahami isi berita. Ada berita-berita yang ditulis berdasarkan opini, ada juga yang melalui fakta. Keduanya tentu mempunyai penyajian yang berbeda. Jangan mau dibodohi dengan berita-berita yang sifatnya opini tak jelas.

3. Cek Keaslian Foto

Tips agar tidak tertipu hoax di whatsapp adalah dengan mengecek keaslian foto. Di era digital seperti ini, banyak sekali fasilitas edit foto yang seperti asli. Sekarang ini, konten gambar pun bisa dimanipulasi dengan amat mudahnya. Untuk setiap berita kontraversional yang Anda terima, jangan langsung percaya. Cek dulu keaslian isinya dan juga gambarnya.

Anda bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk melakukan pengecekan. Coba drag dan drop foto tersebut ke Google Images. Google akan menampilkan hasil pencarian berupa gambar-gambar yang hampir serupa.

4. Jangan ikut Menyebarkan Hoax

Jika Anda masih belum yakin apakah sebuah berita benar atau tidak, silahkan simpan berita tersebut untuk diri Anda sendiri. Jangan ikut menyebarkan berita yang tidak benar. Jika bisa, Anda pun sebaiknya memberitahu ke teman-teman Anda untuk berhenti menyebarkan berita-berita yang masih disangsikan kebenarannya.

Sebagai millenial yang hidup di era modern, kita tidak boleh mudah dihasut. Kita harus menjadi orang cerdas dengan cara menolak hoax. Tips agar tidak tertipu hoax di whatsapp ini diharapkan bisa membentengi diri Anda dari maraknya berita-berita hoax.